MERAYAKAN HARI SUCI WAISAK DENGAN PENUH BERKAH

 

Baru saja kita merayakan hari raya waisak dengan penuh berkah. hari waisak itu mengingaykan kita pada 3 peristiwa penting.

Satu yaitu lahirnya pangeran Siddharta sebagai awal munculnya buddha di dunia ini. Pada bulan waisak beliau lahir dari seorang ibu bernama Ratu Mahamaya dan ayah bernama Raja Suddhodana. panngeran siddharta lahir di suku sakya, kerajaan Kapilavastu. Sampai sekarang kelahiran pangeran siddharta di peringati sebagai hari Waisak seluruh dunia. Sekarang kita sudah memperingati ke-2555 B.E. Jadi dapat kita ketahui bahwa kita sudah merayakan hari waisak selama 2555 tahun.

Dua yaitu pangeran siddharta mencapai penerangan sempurna, dimana Beliau telah menunjukan kehebatanya terhadap dunia bahwa beliau mampu mencapai penerangan sempurna. Dulu pada malam waisak pula beliau sudah bertekad kuat untuk mencapai kebebasan yaitu NIBBANA. beliau berhasil mengalahkan mara yang berusaha menghalangi pangeran siddharta mencapai penerangan sempurna.

Tiga sang buddha parinibanna. dimana pada saat sang buddha parinibbana beliau berumur 80 tahun.
ketika beliau parinibbana bumi bergetar karena dengan parinibbana-nya beliau maka umat manusia tidak dapat mendengarkan dhamma yang beliau ajarkan. Namun sekarang kita masih dapat mempelajari ajaran yang dulu beliau ajarkan melalui sebuah kitab suci TIPITAKA.

SELAMAT HARI RAYA WAISAK KE-2555 BE
SABBE SATTA BHAVANTU SUKHITAA
SEMOGA SEMUA MAKHLUK BERBAHAGIA

Leave a Reply